Bagaimana Cara Membujuk Anak Yang Sedang Sakit Agar Mau Makan?

image

Beberapa hari yang lalu, Alice anak dari Bubii Ari, salah satu member CeritaBLW, masuk rumah sakit karena tipes. Bubii Ari sedih dan pusing karena Alice nggak mau makan.

Nah ini tips yang diberikan ibu-ibu member CeritaBLW untuk Bubii Ari:

1.” Abis makan, kita minum obat”, biasanya Adib mau walaupun cuman dua suap. (Wina)

2 . Membuat semacam bento dengan bentuk yang lucu, hewan-hewan kesukaannya. (Ajeng)

3. Makan sambil dipeluk dan disuapi, dimanjakan pada saat sakit. (Erna)

4. Makan sepiring berdua dengan ibu trus ibunya berekspresi “woww enaaaakkkk”. (Amellia)

5. Ibunya banyak sabar dan berpikir positif kali ini mau (jangan capek nawarin) makanan yang biasa dia suka, atau makanan yang belum pernah dia coba. Yakinkan itu enak dan bisa bikin dia cepat sembuh. (Fika)

6. Tawari makan bareng makanan favorit Alice. (Finda)

7. Coba ganti orang lain yang menawarkan makan, contoh: Kakak. Kalo makan yang padat susah ditelan, makan bubur ayam/bubur manis atau jus alpukat ditambah susu coklat. (Rose)

8. Memperlihatkan video lagu/film tentang makanan sambil berekspresi bahwa makanannya enak, Alice senang makan, makanan bikin kuat kayak singa. (Lily)

9. Kalau anaknya tidur, dibisikan pelan-pelan di telinganya: “Anak Mama pinter makannya, lahap, makan yang sehat dan bergizi supaya cepat pulih kesehatannya. Seperti itu terus berulang-ulang. Semoga alam bawah sadar anak ikut membantu. (Cory)

Selain tips di atas ada beberapa cara yang bisa digunakan ibu-ibu untuk membujuk anaknya yang sedang sakit agar mau makan.

Pertama, biasanya anak yang sedang sakit merasa lemas dan kehilangan nafsu makan, lidah hanya bisa merasakan pahit. Untuk mengurangi rasa pahit, berikan makanan manis agar mulut dan lidah terasa segar dan nyaman, seperti: buah atau puding.

Kedua, setelah anak merasa mulut dan lidahnya nyaman, berikan cemilan atau makanan kesukaan sang anak. Kemudian setelah perut terisi, obat dapat diberikan kepada anak. Setelah obat bereaksi, cobalah untuk memberikan makanan berat, nasi, sayur, dan lauk.

Ketiga, ibu diharapkan sabar dan berdoa, semoga sang anak segera diberi kesembuhan. Kasih sayang dan lingkungan yang nyaman akan mempercepat pemulihan.

Salam,
Kurnia Fatma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *