Cerita BLW Akhtar: Akhtar paham konsep makan dan minum harus duduk

akhtar

Selamat pagi 😻🐣🌹😄,

Hai, perkenalkan saya Finda, dan putra pertama kami Akhtar Al Rasyid (24 Bulan). Menu pertama MPASI Akhtar adalah puree Alpukat. Kenapa puree? Karena saya belum mengenal BLW waktu itu. Di awal MPASI, Akhtar selalu tertarik jika melihat orang lain makan. Dia mendekati makanan, dan berusaha untuk ikut memasukkan ke mulut. Andai saat itu saya tahu, bahwa itu tanda kalau Akhtar cocok dengan BLW. Mungkin dari awal MPASI Akhtar sudah BLW.

Meski belum mengenal BLW, tapi saya paham aturan jika makan harus duduk, tidak dipaksa, dan tidak dibujuk. Jadi tiap sesi makan Akhtar duduk di booster seat, lalu saya menyuapi. Beberapa kali saat makan buah, saya membiarkannya makan sendiri. Makan berantakan pun rasanya 😻😻 BAHAGIA.

Setiap malam, ketika Akhtar sudah tidur, saya memulai untuk menyiapkan menu untuk besok. Apa menunya? Menu empat bintang lengkap ⭐⭐⭐⭐ dijadikan satu lalu dimasukkan dalam slow cooker. Esoknya ketika akan sarapan, masakan yang sudah matang dihaluskan dengan blender! Ya.. BLENDER.. (ini salah satu bagian yang saya sesali dalam masa MPASI Akhtar) Repot? Tidak. Karena saya suka ❤  saya keluar dari pekerjaan  salah satunya untuk ini. Saya bahagia ketika jam 12 malam masih asik di dapur untuk menyiapkan menu makan Akhtar besok.

Sampai akhirnya mendekati usia setahun, banyak tantangan datang. Terutama dari eyang-eyang Akhtar. Kami tinggal dalam satu rumah, jadi saat mereka tahu Akhtar makan sedikit mereka menyuruh saya untuk menyuapi sambil jalan-jalan keluar rumah, tujuannya agar makannya lahap lagi. Tantangan lainnya ialah, dirumah selalu sedia krupuk dan jajanan pasar. Alhasil sebelum usia setahun Akhtar sudah doyan makan krupuk dan kue. Saat itu saya stress, karena saya penganut MPASI bebas gula garam sebelum usia setahun. Beberapa kali saya tidak bisa menahan tangis di depan Akhtar saat dia disodori krupuk. Saya rela masak tengah malam demi makanan sehat untuk anak, dan ini dipatahkan oleh eyangnya sendiri dengan memberi makanan dengan gizi kosong, banyak minyak, dan MSG 💔💔

Usia 12 bulan, akhtar GTM. Biasanya semua bubur yang saya siapkan selalu dilahap, lalu saya mulai sadar apakah sudah saatnya naik tekstur?

Lalu saya menemukan postingan di instagram oleh salah satu artis yang anaknya sedang makan popsicle. Dari sinilah saya terus mencari informasi mengenai BLW.  Akhtar memulai BLW, artinya blender pun akhirnya pensiun. Karena terbiasa disuapi selama 6 bulan, maka ketika BLW hari-hari pertama pun dia masih memberikan kode agar saya menyuapinya. Tapi bagi saya, yang terpenting adalah menunya sudah berteksture dan dia dapat belajar bermacam-macam jenis bahan makanan dengan wujud aslinya.

Masalah datang ketika Akhtar sudah tidak betah duduk di booster seat nya. Saat itu dia baru bisa berjalan. Baru beberapa menit duduk, sudah minta keluar. Tapi dari situ saya belajar mengenal waktu lapar Akhtar. Ketika dia lapar, dia dapat duduk manis di booster seat dan makan dengan nikmat.

Beberapa hari lagi genap 2 tahun usia Akhtar. Artinya sudah satu tahun Akhtar BLW. Masih banyak PR Akhtar dan terutama Ibunya. Saat ini Akhtar masih pilih-pilih saat makan daging, mungkin serat membuatnya malas untuk mengunyah. Apa yang istimewa? Akhtar paham konsep makan dan minum harus duduk. Saat minta makan atau minum selalu diikuti kata “duduk ya..” 😻 Akhtar bisa memilah tulang ikan yang sudah masuk ke mulutnya untuk dikeluarkan. Akhtar juga suka sayur bayam, kangkung, toge, wortel, meski ada beberapa sayuran yang masih belum mau dicobanya. Tenang nak, ibu akan tetap iseng dan pikun.

Semoga share BLW akhtar bisa bermanfaat buat ibu-ibu lain. Saat Badai GTM datang, percayalah itu hanya sementara. Tetap semangat, Karena mood ibu besar sekali efeknya terhadap mood anak.  Masa-masa anak akan makan dengan lahap akan segera datang kembali.

Semangat BLW, selamat bermain😻😘

Ibu Akhtar 😄

One Reply to “Cerita BLW Akhtar: Akhtar paham konsep makan dan minum harus duduk”

  1. Loooveeee it sy baru mau beralih ke blw tp saat ini blw baru bsa sabtu-minggu. Jd kemungkinan full blw setahunan jg spt Akhtar.. Sy pikir sy telat,trnyta tdk. Terimakasih sharenya sgt menginspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *