Cerita BLW Zidny: Memberi kakak inspirasi untuk makan sendiri

zidny

Kenalan lagi ya … nama ku Nur Anisah, bunda Zidny Ilma Riandysa (12m3w), nama beken : makzid.
Terimakasih sudah diberi  kesempatan share pengalaman BLW Zidny, putri bontotku.

Awal tau metode BLW  grup FB FCI, ada mak-mak yang share anaknya sarapan buah dengan tangannya sendiri. Wah keren banget, aku juga mau punya anak kayak gitu.

Karena waktu itu Zidny sudah mendekati waktunya MPASI akhirnya emaknya browsing tentang metode BLW, dan menemukan beberapa website yang menceritakan pengalaman-pengalaman asyiknya BLW .

Trus..Trus bergabunglah di grup FB Baby Lead Weaning dan akhirnya sampe nyangkut di grup CBLW yang penuh berkah dan anugerah ini.
Tertarik metode BLW karena 2 hal :
1. Pengen Zidny doyan sayur dan bua

2. Zidny bisa dan mau makan sendiri
Kenapaaaaa ?
karena kedua kakak nya Zidny lebih doyan jajanan tidak sehat daripada makan buah, daaaaaan kakak no 2 sampe sekarang masih sering minta disuapin. Kalo tidak disuapin benar-benar tidak mau makan 😥.
Juga ga mau terulang pengalaman kakak no satu Zidny pernah GTM dari umur 1 sampe 2 tahun.

Zidny mulai BLW umur 6m, menu pertamanya adalah buah jeruk dan sawo. Terharu sekali lihat Zidny bisa meraih jeruk dan sawo kemudian memasukkan ke mulutnya.
Awal-awal BLW 6-7m Zidny hanya dikasih buah sama sayur kukus.

Apakah Zidny selalu makan dari tangannya sendiri ? Tidak …….  Aku WM yang berangkat jam 7 pagi pulang jam 3 sore.Kalo  ditinggal kerja, Zidny sama ART dan mbah yut nya di rumah.

Awal-awal ART ta suruh mendudukkan Zidny di easy seatnya kalo makan.
Tapi lama-lama orangnya protes karena makanan cuma diorat arit.
Akhirnya Zidny disuapin kalo makan siang, asalkan tidak dipaksa makannya.
Tapi…tapi….. Zidny tidak makan bebuburan. Kalo disuapin dikasih buah, alpukat atau nasi . Pernah ku kasih bubur sekali, karena lagi sakit Zidny ga mau makan. Di laporin mbah yut ke mbah uti. Mbah uti ngasih instruksi Zidny harus disuapin bubur. Dibelikan 3 sachet, Zidny mau 3 sendok aja. Ya sudah setelah itu buburnya dimakan kakak.

Kendalanya BLW…..
Yang paling berat adalah suami tidak sepakat. Karena suami melihat tidak efektif dan takut makanan bisa melukai lambung dan usus karena Zidny belum bisa mengunyah sempurna, apalagi awalnya Zidny sering bab cair dan lebih dari 3 kali.

Sempat curhat di grup ini dan dijawab Mbak Rahmah waktu itu. Akhirnya mantep lagi pake metode BLW sambil terus meyakinkan suami.

Kalo morat marit alias berantakan, ahh Zidny adalah putri ketigaku. Jadi sudah terbiasa melihat dan merapikan rumah berantakan karena tangan-tangan mungil . Dan hasilnya…..
Meski Zidny konsisten BLW nya saat sarapan aja, ato saat saya lagi off, atau sore kalo saya lagi ga capek bebersih… Saya sudah bersyukur sekali sekarang Zidny doyan sayur dan buah. Nasi dan lauk juga mau. Bahkan suami yang dulu tidak setuju Zidny BLW pernah bilang ke kakak kedua pas minta disuapin : “Lihat adik Zidny tuh makan sendiri, Mbak Diva sudah kelas 1 kok minta disuapin” Aaah bangganya ☺.
Dan alhamdulillah Zidny ga pernah GTM, kalo pas sakit saja makannya sedikit dan minta disuapin.

Zidny juga lebih antusias lihat makanan. Kalo lihat orang makan pasti minta. Tapi susahnya kalau kakak nya bawa jajanan tidak sehat, Zidny minta juga. Biasanya saya suruh kakak nya keluar rumah untuk menghabiskan jajanannya.

O ya sejak 8m Zidny sudah makan makanan keluarga yang pake gulgar. Rencananya sih non gulgar sampe 1 tahun. Tapi ikut kulwapnya dr. Ratih waktu itu digrup ini. Katanya boleh pake gulgar asal tidak terlalu manis ato terlalu asin.

Apa Zidny naik terus timbangannya tiap bulan ? Rata-rata naik terus, tapi pernah juga turun saat Zidny kena roseola, demam seminggu. Pernah juga tetep timbangannya, karna nglethes terus. Tapi selama anaknya aktif dan ceria, its okay 😀

Demikian sharing BLW Zidny, semoga bisa memberi inspirasi. Kecup sayang dari Zidny buat ibu-ibu dan bayi-bayi 😘😘😘. Tetap semangat…dan percaya sama baby-baby kita, karena mereka tau apa yang mereka butuhkan.

2 Replies to “Cerita BLW Zidny: Memberi kakak inspirasi untuk makan sendiri”

  1. Moooommm anak saya jg hanya blw saat hari minggu saja saat daya off. Skrg sdh 1thn makanan mash dilempar mom. Tp klo lg pengen ya dimakan jg sih mom. Apa prosesnya lbh lama dr anak yg tiap hr blw ya?
    Saya awal dia mpasi blw, bgtu braktivitas lg anak disuapi,blw hanya hari minggu. Dan skrg agak2 lupa blw klo gk laper2 bgt gkmau blw. Akhirnya saya biarkan lapar…kadang hari minggu itu dia bela2in gak mau masuk makanan klo gak disuapi.

    Tolong masukannya mom..

    1. sampe sekarang sampe zidny hampir 2 tahun pun…kalo lagi ga pengen makan ya di tublek piringnya he..he.
      tapi kalau lagi pengen makan…ya ngambil sendiri nasi di magic com.
      terasa lebih mandiri.
      sehari sekali…seminggu sekali…yang penting semangatnya blw….
      setidaknya anak dipercaya untuk menentukan kapan dia makan…apa yang ingin dimakan….
      sabar dan telaten penting banget…

      Mom Zidny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *