Resume Kulwap TUBERCULOSIS (TB PARU)

Ns. Mia Yuspitasari, S.Kep

Rabu, 13 Maret 2019

Moderator : Rifqi Ati Syukriyah

Notulis : Rahmawati Pratiwi

TUBERCULOSIS (TB PARU)

adalah penyakit yang menyebabkan infeksi dari kuman TB yang menyerang paru-paru 

GEJALA TBC?

  • Nafsu makan berkurang
  • Demam
  • Badan terasa lesu
  • Dada terasa nyeri/sesak
  • Batuk terus menerus
  • Berdahak

BAGAIMANA PENULARANNYA?

Penularan melalui udara atau lendir yang terkontaminasi kuman TB dari batuk atau bersin penderita TB yang terhirup dan atau kontak fisik dari air liur penderita TB yang masuk ke mulut lawannya yang daya tahan tubuhnya tidak dapat menahan perkembangan kuman TB. TBC mudah menular dari dewasa pada anak tapi anak yang tertular tidak menularkan pada sekitar.

APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA MENEMUKAN GEJALA TB?

Periksa ke dokter/puskesmas untuk melakukan:

  • Mantoux test

Pemberian vaksin BCG pada kulit terduga terinfeksi, bila positif akan menimbulkan kemerahan pada kulit

  • Tes darah

Apabila mantoux test tidak berpengaruh maka dilakukan tes darah

  • Tes dahak

(bukan ludah) dengan dua cara; pengambilan dahak pagi-sewaktu-pagi (SPS) atau dengan tes cepat molekuler (TCM)

  • Tes sinar-X dada

Menemukan perkembangan penyakit TB dalam paru-paru

CARA PENGOBATAN TBC

  • Seseorang yang positif TBC bila berobat di Unit Pelayanan Kesehatan akan mendapat paket obat FDC yang semuanya diberikan secara Gratis. Tapi kualitas dijamin oleh pemerintah dan khasiat sama dengan obat paten/bermerek
  • Pengobatan selama 6 bulan tidak boleh putus obat

PENCEGAHAN TBC

  • Siap vaksin BCG

Jangan lupa imunisasi (BCG) pada balita

  • Siap periksa kontak

Jika batuk lebih dari 2 minggu, konsultasi ke dokter

  • Siap berhenti merokok

Asap rokok merusak bulu getar, iritasi, peradangan dan penyempitan saluran nafas

  • Jaga kebersihan

Kuman hidup di lingkungan yang kotor dan lembab

  • Jaga jendela terbuka

Buka jendela setiap pagi, kuman TB cepat mati bila terkena sinar UV

PUTUSKAN RANTAI PENULARAN TBC!

  • Mengobati penderita TBC sampai benar-benar sembuh
  • Melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat: cuci tangan yang benar dan etika batuk yang benar

TB BUKAN SAKIT KUTUKAN TAPI BISA DICEGAH DAN BISA DIOBATI !

PERTANYAAN PESERTA KULWAP:

Tanya: Apakah radang paru-paru menular seperti TBC? (Tina)

Jawaban: Penyakit paru berdasarkan penularannya ada 2 macam:

  • Tidak menular: asma, tumor paru.
  • Menular: pneumonia (radang paru disebabkan oleh kuman, bakteri, jamur yang masuk ke saluran pernafasan, tetap bisa menular dan bahaya walau tidak seperti TB), TB (flek paru).

Tanggapan: Penularan pneumonia itu gimana dan lewat apa?

Jawaban: Pneumonia sama dengan TB, penularannya lewat udara. Perbedaannya dari gejala yang khas muncul pada pneumonia diantaranya batuk berdahak berwarna kuning atau hijau, panas tinggi selama 3 hari.

Tanya: Apakah untuk tes TB pada anak prosedurnya sama seperti orang dewasa? Meskipun sudah vaksin BCG apakah akan tetap berpotensi tertular TBC? (Risa)

Jawaban:

  • Prosedur test TB pada anak dan dewasa sama saja. Sama yang ada di PPT yang sudah di share. Cek darah, foto dada. Untuk dahak pada anak agak sulit, jadi biasanya tanpa pemeriksaan dahak
  • Pemberian vaksin itu pertahanan kedua melawan kuman. Apabila daya tahan tubuh dari awal sudah  tidak  bagus  kemungkinan  kena  masih  ada. Dan juga apabila lingkungan kita tidak sehat misalnya polusi udata tinggi dan gizi kurang baik masih bisa terserang TB.

Tanggapan: Menambahkan, untuk TB anak ada kriteria scoring dari IDAI bukan hanya tes darah dan foto thoraks. Mungkin bisa di share tentang kriteria scoring IDAI terbaru. Untuk anak tidak dilakukan tes sputum karena sulit dan biasanya kita kalau terpaksapun pakai kumbang lambung. Dan untuk yang terbaru bisa pakai rapid test TB atau kalau mau di PDPI. (Irma)

Tanya: Apakah TB bisa sembuh total? (Risa)

Jawaban: Penderita positif TB awal dengan pengobatan OAT selama 6 bulan didukung dengan gizi yang bagus bisa sembuh total ditandai dengan adanya perbaikan BB, perbaikan tanda gejala lain dan biasanya difoto dada ulang. Tapi bila terpapar dengan kuman TB lagi dan kondisi gizi jelek maka bisa terkena TB lagi. Biasanya disebut penderita TB sequel. Tapi penularannya tidak separah dengan TB yang pertama. Perlu diketahui penderita TB dengan pengobatan teratur selama 2 bulan tanpa putus, kuman TB bisa terkarantina. Tapi OAT harus tetap diminum sampe bulan ke 6.

Tanya: Kalau ada salah satu gejala TBC apa dipastikan terkena TBC? Atau harus semua gejala baru dipastikan tertular TBC? (Indri)

Jawaban: Penegakan diagnosa TB tidak hanya dari satu gelaja saja. Harus dilihat melalui skoring dari gejala yang ada, misal batuk lebih dari 2 minggu, penurunan BB, rontgen dada dan cek dahak. Nanti hasil masing-masing skor dijumlah, untuk menentukan dia terkena TB atau tidak. Tapi ada 3 gejala khas TB yaitu: batuk selama 2 minggu, penurunan BB kurang lebih 10% dalam waktu 2 minggu dan keluar keringat dingin malam hari.

Tanya: Mitos/fakta, apakah orang yang positif TBC peralatannya makannya harus dipisah dengan orang lain karena bisa menular? (Tary)

Jawaban: Perlu diingat bahwa penularan TB adalah percikan air liur, bukan lewat peralatan makan. Memang ada kemungkinan dari peralatan makan yang digunakan penderita TB dan langsung digunakan orang sehat, tapi kemungkinan kecil untuk terjadi penularan dengan cara ini.  Jadi tidak perlu dipisah asal dicuci bersih dengan sabun dan air mengalir.

Tanya: Jika ada salah satu anggota penderita TB misal: suami sebagai penderita TB, apakah yang harus dilakukan? Seperti memisahkan peralatan makan, tempat tidur, atau bagaimana? Mungkinkah kami masih bisa bermesraan, contohnya: berciuman? Termasuk ketika ayah ingin mencium anaknya, bolehkah? Apa dirumah juga harus pakai masker? Bagaimana upaya supaya suami tidak merasa terasingkan?(Tutus)

Jawaban:

  • Bila anggota keluarga terkena TB yang pertama sadarkan penderita bahwa dirinya sakit, dan minta penderita untuk kooperatif selama masa pengobatan. Dan minta penderita untuk menjaga kontak dengan sekitar seperti menggunakan masker, beri jarak ketika mengobrol, jaga kondisi dan perbaiki nutrisi. Untuk peralatan rumah tangga tidak perlu dipisah.
  • Untuk Ciuman sebatas tidak menempelkan liur pada lawan maka tidak apa-apa, contoh cium pipi (bukan berciuman mulut ke mulut yang menyebabkan menempelnya air liur pada mulut lawan)
  • Penggunaan masker akan membantu meminimalkan penyebaran kuman. Beri dukungan kepada penderita, karena pada TB, dukungan keluarga berperan sangat penting dalam proses penyembuhan penderita.

Tanya: Indonesia urutan ke 2 kasus TBC, lalu berapa persen kesembuhan dari kasus ini? Dan bagaimana cara meminimalisir kasus TBC ini dari Dinas Kesehatan? Seberapa cepat bakteri TB menyebar di tubuh? Awal desember 2017, kakak saya rawat inap karena TB. Awalnya divonis pneumonia lalu berkembang jadi TB dan akhirnya 1 bulan baru keluar hasil lab yaitu TB tingkat akhir (yang terparah, tapi saya lupa istilahnya). Sebenarnya untuk hasil lab kasus tersebut butuh berapa hari dan apakah hasilnya akan terus berbeda-beda tiap saat dicek? (Retdia)

Jawaban:

  • Tiap individu berbeda, selain pengobatan juga harus didukung lingkungan. Dinas kesehatan punya program seperti pemberian OAT gratis
  • Untuk kondisi tubuh yang lemah seperti balita, penderita penyakit kronis, penderita sistem kekebalan tubuh, dan manula lebih rentan tertular.
  • Pemeriksaan dahak ada yang membutuhkan beberapa hari yang saya sebut dengan pengambilan dahak SPS, pemeriksaan ini untuk pengambilan dahaknya saja membutuhkan waktu 2 hari. Kemudian kuman pada dahak dibiarkan beberapa hari, untuk mengetahui hasilnya. Tapi ada pemeriksaan dahak namanya TCM , tes ini biasanya didapatkan hasil dalam satu hari, tetapi SPS lebih valid. Untuk TB yang paling parah disebut TB MDR, penderita MDR punya riwayat pernah putus pengobatan TB atau tidak minum obat teratur.

Tanggapan: Untuk kami keluarganya perlu rutin di tes TB juga atau tidak?

Jawaban: Untuk keluarga inti bila ingin memastikan sebaiknya dilakukan pengecekan. Jaga kondisi rumah misal; pencahayaan rumah, kebersihan, ventilasi dan lainnya. Jangan ada yang merokok atau setidaknya jangan merokok di dalam rumah atau di dekat anak kecil.

Tanya: Untuk kontak fisik bibir ke bibir yang menempel liurnya, antar bayi penderita TBC dengan yang tidak terkena TBC itu seberapa bahayakah? Apa perlu di cek lab memastikan tertular atau tidak? (Rahma)

Jawaban: TB pada anak tidak menular karena yang diserang adalah kelenjar. Jadi bila ada anak terkena TB maka harus kita cari tahu anggota keluarga yang dewasa atau orang terdekat yang terkena TB. Semua keluarga perlu dicek.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *