GTM Secara Psikologis

Notulensi (Kuliah WhatsApp) Diskusi Interaktif

GTM Secara Psikologis

Pelaksanaan

Tempat : Kuliah WhatsApp Cerita BLW

Tanggal : 1 April 2019

Waktu   : 19.00-22.00

Pemateri : Aprilianto

Moderator            : Mutia Dewi

Notulensi              : Syahri Ramdhani Fitri

Peserta : Anggota Group CBLW

Tanya Jawab

1 Penanya Rahma
  Pertanyaan Malem omGe… makBin mau bertanya, bagaimana membangun komunikasi sama anak untuk membuat anak percaya dengan makanan yang akan kita tawarkan? Soalnya makBin ngerasa sebenernya Bintang tidak pernah GTM omGe cuma mood-moodan, dan makBin kurang sabar… bintang usia 8bulan
  Jawaban itu emosi atau strategi?

itu bisa jadi karena energi makbin yang sifatnya minta sehingga bikin aktivitas makan jadi dimaknai sebagai tidak enak. bisa juga dia belum lapar.

bisa juga karena dia lagi asik lakuin sesuatu sehingga ajakan makan= menganggu.

  Tanggapan Rahma

Berarti lebih ke emosi ya omGe… karena Bintang sebenernya kalo diamati dia ga pilih-pilih makanan… cuma kadang dia menikmati banget makan tapi kadang kelihatan ga tertarik walau dengan menu yang sama

 

Aprilianto

aku tidak tau.

silahkan dirasa.. itu emosi ato strategi.. di setiap kejadian. karena bisa beda-beda energinya.. walau perilakunya sama

 

Rahma

Siap OmGe

2 Penanya Putri Chariroh
  Pertanyaan aku sering banget nawarin makan, jadi rutinitasnya makan, tidur,  makan, tidur, bangun pagi makan, tidur, makan lagi, tidur, makan sampai orang rumah bilang “anak kok d kasi makan terus” karena kupikir emang harus nawarin dia makan terus, secara psikis bisa berefek ke GTM tidak ya om? karena ku tawari makan terus
  Jawaban Jadi tidak kenal rasa lapar.

jadi tidak waspada terhadap kesehatan organ cerna karena tidak tau bahwa yang dia rasa itu namanya lapar.

  Tanggapan Putri Chariroh

jadi salah ya om Ge?

harusnya bagaimana memanage jam makan?

karena makan dia dikit dikit soalnya

kadang mikir kenyang tidak ini makanya di tawarin terus

 

Aprilianto

salah/bener tergantung 2 hal.

1. tujuan tercapai atau tidak

2. resiko sanggup dihadepin atau tidak

Makan itu syaratnya lapar.

Jadi.. yang ada jam lapar. bukan jam makan.

kalau ada jam makan.. itu terjadi karena sudah terpola dia biasa lapar di jam itu.

3 Penanya Qurrota Ayun
  Pertanyaan Malam omGe, saya mau tanya, kenapa ya anak saya mau makan sama mba’ nya tapi sama saya dan orang lain (nenek/ayahnya) tidak mau? padahal cara makanya sama. Apakah karena saya tidak terlalu memaksakan makan jadi anaknya sengaja tidak mau makan?
  Jawaban tentang makan banyak/sedikit.. tiap orang memang punya pola metabolisme sendiri-sendiri. jadi pelajari dulu pola metabolisme badan si anak.

 

ada yang sekali makan tidak bisa banyak tapi sehari bisa 4-5x lapar.

ada yang makannya sehari cuma bisa 2x

berarti ada perbedaan perlakuan.

dia beradaptasi dan memaknai sama mbak lebih enak atau dia nilai perlu makan

  Tanggapan Putri Chariroh

aku belum mengenali bagaimana anakku lapar.. huhu

pola metabolismenya saya pelajarinya dari mana ya omge

 

Aprilianto

lewat pola laparnya

kerja badan kan beraturan

4 Penanya Ayu Ummu Musa
  Pertanyaan Assalamu’alaykum, om..

Mau tanya ada tidak ya kaitan antara templet bawaan dengan pilih-pilih makanan? Musa masih pemilih banget makannya, dia rela melaparkan diri untuk tidak makan daripada makan yang dia tidak suka.

#tanyaGTM

  Jawaban apa ibunya mau makan makanan yang ga disuka?
  Tanggapan Ayu Ummu Musa

Baaiiik.

Udah tertonjok, om. Hehehehe

Makasiih om

5 Penanya Mutia Dewi
  Pertanyaan Jadi sebenernya biar tau anak itu lapar nya kapan, dibiarin lapar dulu ya? maksudnya tidak ditawar-tawarin dulu?
  Jawaban Iya, sejak bayi kan dia sudah bisa kasih tau kapan dia lapar
  Tanggapan Mutia Dewi

Disamain dengan kapan dia nyusu?

 

Aprilianto

nyusu karena lapar atau bukan

 

Ayu Ummu Musa

iya ya..kan dari baru lahir juga udah bisa minta kalo laper..

6 Penanya Qurrota Ayun
  Pertanyaan OmGe, cara bedakan antara anak GTM tidak suka menu sama dia kenyang untuk anak yang belum bisa komunikasi dan masi ASI gimana ? #tanyaGTM
  Jawaban makannya dilakuin kalau laper
  Tanggapan  
7 Penanya Indri Kusumawati
  Pertanyaan Berarti kalo baru mulai makan usia 6 bulan, itu bisa dibiarin lapar juga kah Om? Dibiarkan lapar berarti tidak dikasih ASI juga ya Om?
  Jawaban dikasih makannya berdasarkan pola laparnya

di buku berpikir ada bahasan tentang kenali jam lapar dan kelola jam lapar anak.. yang tidak cocok sama maunya ortu

  Tanggapan Indri Kusumawati

Waah mesti bergaul lahbat banget yaa Om

 

Aprilianto

ya memang itu PR pertama ortu.

bergaul lahbat. supaya kenal mana yang emosi dan mana yang strategi

8 Penanya Ayu Permata
  Pertanyaan Omge @aprilianto  mau #tanyagtm saya tidak mau bilang anak saya gtm toh dia masih mau makan (apa aja yang bisa dimakan, biskuit/buah) sama seperti kata nakal saya ga mau ucapkan

Tapii, manusiawi saya sering mengumpat juga dalam hati (ga keluar gitu om) klo anak saya makannya lagi dikit padahal bb nya kan mesti dikejer atau lg teramat sangat aktif, ini ada saran utk release nya ga sih om?krn kan emosi nya ga keluar ada saat-saat saya stress dan jadi kepikir buat lakuin hal-hal ga bener, takut juga saya om

  Jawaban itu kenapa semua orang perlu punya kesanggupan kecewa dan targetnya uda beres sebelum umur 3 taun. jadi.. ayo eksplor salem ok. saluran emosi yang aman nyaman

(salem = saluran emosi)

  Tanggapan Ayu Permata

Gimana atuh caranya om cara menyalurkan emosi yang aman

Iya bener ujian kecewa saya kayaknya ga lulus-lulus makanya diuji mulu

 

Aprilianto

https://www.instagram.com/p/BqH_aGVnM1v/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1kikh2sk7ftu7

Ayu Permata

Baik om akan dicerna baik-baik terima kasih

 

9 Penanya Yohanna Adriana
  Pertanyaan Sambung dari pertanyaannya mak @Ayu Ummu Musa.

Jadi apakah ada kaitannya pola makan dengan template bawaan?

 

Jose hari ini pola makannya “ngikutin” bapaknya. Sukanya makanan yang enak di lidah.

Padahal akunya pemakan sehat. Lebih tepatnya aku makan karena secara rasional itu sehat,  meski ngga enak di mulut.

 

Bapaknya lebih suka makanan yang enak di lidah (pengaruh dari pola didikan di keluaga yang makan harus asin/manis banget dan banyak micin)

#tanyagtm

  Jawaban pola laper itu bawaan lahir.

pola makan itu hasil belajar.

 

tentang enak/perlu.. pertanyaannya.. mereka masih hidup pake bahasa enak atau udah pake bahasa perlu?

  Tanggapan Yohanna Adriana

Kalau anak toddler setahuku masih enak enggak enak.  Belum tahu perlu enggak perlu

 

Aprilianto

jadi masuk akal ga kalo dia cuma mau makan yang enak di lidah?

 

Yohanna Adriana

Masuk akal om.

Berarti karena pola makan itu hasil belajar,  maka tidak ada hubungannya dengan template bawaan yah omGe?

Jadi karena anak toddler baru tahu enak/nga enak (belum tahu tentang perlu),  maka emaknya perlu mikir gimana bikin makanan (dan suasana makan)  yang enak di lidah dan sehat di tubuh.

Begitukah kesimpulannya omGe?

8 Penanya Mutia Dewi
  Pertanyaan Yang jadi kegalauan ibu-ibu tuh begini om, kan ada standar harus masuk protein segimana, karbo segimana, dll dsb.

Sementara anak makan nya “tidak sesuai standar”.

Ada juga tabel acuan, atau kurva acuan, atau kenaikan BB acuan.

Tapi anak kita tidak sesuai acuan. Jadi deh sedih, bete, frustasi.

#tanyagtm

  Jawaban itu kenapa perlu dibiasain makan saat lapar

kalo sejak lahir dibiasain makan saat lapar.. anak akan terbiasa makan untuk kenyang. bukan makan untuk rekreasi.

itu knp ngenyot payudara ibu juga perlu dibiasain cuma untuk ngASI. bukan untuk rekreasi.

  Tanggapan Mutia Dewi

Atau makan buat nyalem

 

Ayu Permata

Makanya banyak yang makan buat nyalem ya, om? Duh

 

Putri Chariroh

siap om ge, PR baru mengenali anak Lapar

 

Aprilianto

dan banyak orang bikin makanan yang enak di lidah tanpa mikirin risiko buat tubuh

 

Mutia Dewi

—– (imot icon)

 

Addina N S

Tergampar

 

Ayu Ummu Musa

Yak Tertonjok lagi dah, Buat anak yang penting enak. Emaknya justru yang sehat-sehat

 

Aprilianto

tapi di Jakarta udah ada resto yang konsepnya makan sehat = makan enak.

cuma aku lupa namanya. waktu itu liat sekilas di tv.

 

selain itu.. banyak orangtua yang biasain makan sebagai aktivitas sisipan.

main sambil makan.

nonton sambil makan.

dan lain lain

jadi.. anak ga belajar memaknai makan sebagai aktivitas yang penting buat dia.

aplagi kalo tanpa sengaja.. karena belum ngerti.. orangtua bikin anak memaknai sakit lebih enak daripada sehat

 

Mutia Dewi

Tapi kan ortunya juga gtu, makan sambil lihat hape

 

Aprilianto

jd anaknya udah betul.

belajar sesuai contohnya

 

Mutia Dewi

Enak di lidah

Sehat di tubuh

Di jam lapar

 

Aprilianto

anak yang masih dalam masa pertumbuhan memang butuh bergerak.

urutannya.. kaki tangan mulut.

jadi.. klo orangtua mau mulut anaknya bgerak..

selain perlu bikin kaki dan tangannya engga bisa bgerak.. orangtua perlu bikin mulutnya sibuk dengan aktivitas yang nyenengin.

itu kenapa makanannya perlu enak. supaya dia mau gerakin mulutnya.. dan perlu dibiasain makan dalam posisi duduk supaya dia jadi mau gerakin mulutnya.

catatan..

syarat kekuatan tahan napasnya juga perlu dipenuhi ya

 

kalau dia masih bisa gerakin kaki.. maka dia akan malas ngunyah. apalagi kalau gerakan kakinya nyenengin. makanya kalo ngenyot dia bisa betah walau tangan n kaki ga bergerak.

9 Penanya Ayu Ummu Musa
  Pertanyaan Tanya lagi, om. Kalo ngemut makanan padahal udah duduk dan enak? Kekuatan napas jg terpenuhi.

#tanyagtm

  Jawaban biasanya males ngunyah.

jadi coba dirasa.. itu emosi ato strategi

  Tanggapan Ayu Ummu Musa

Baaik, om. PR lagi. Hihi

Awalnya karena sariawan, kok ini jd cenderung suka ngemut meski sariawan sembuh.

 

Aprilianto

dia lebih suka makanan basah/kuah ato makanan kering. o.. itu karena toleransi yang bikin dia keenakan

 

Ayu Ummu Musa

Aaaah, jd kalo ngemut lagi, abai lahbat aja ya om? Krn itu s? Tp bneran bisa 1-2jam itu makanan masih ada dimulut kalo ga kumat bawel

 

Aprilianto

klo ngemut.. stop makan.

lalu jadiin makan sebagai hutang.

jadi.. sejak saat itu dia ga bisa dpt atau lakuin apapun sebelum selesain makannya.

 

Ayu Ummu Musa

jadi.. makin cepet dia selesain makannya.. makin cepet dia bisa lakuin yang dia mau.

 

Aprilianto

catatan..

lakuin itu tanpa emosi ya. supaya daya tawar anak ga naik karena dia ngerasa bahwa orangtunya yang mau dia makan. itu kenapa setelah kenal emosi ato strategi..

orangtuanya perlu terampil pilih hadepin situasi pake pola permintaan atau bikin anak setuju.

 

Ayu Ummu Musa

Nah kalo dia mau main mainan yang status kepemilikannya punya dia, gimana om? Tetep jadiin makan sebagai harga buat main ya? Karena main nya kan di dalem rumah umma baba? Gitu ga ya?duh

 

Aprilianto

Iya

10 Penanya selamat malam, saya mau bertanya anak saya yang berusia 5 tahun sampai sekarang susah sekali mencoba menu baru dlm makanannya, kami sudah berulang kali mencoba menawarkan dan makan menu yang berbeda tiap hari bersamanya tapi sepertinya dia tidak tertarik dengan menu tersebut dan kembali ke menu awal dia.

Bagaimana caranya ya agar dia tertarik dgn menu lain selain menu kesukaannya terima kasih #tanyaGTM

 

  Pertanyaan apa yang mau dimasalahin?
  Jawaban kalau engga ada.. berarti itu cuma soal maunya orangtua. bukan butuhnya anak.

jadi.. tergantung orangtua.. sanggup ga usaha bikin anaknya setuju.

catatan:

cara bikin oranglain setuju bisa dibaca di ig latihati pake tagar bikinorlasetuju ato infolatihati

  Tanggapan  
11 Penanya Syahri/Fitri
  Pertanyaan Om, bagaimana caranya biar bisa seimbang, menunggu anak lapar dan mikirin ngejar BB anak yang tiap bulan harus naik? #tanyaGTM
  Jawaban Bukan nunggu anak lapar.

tapi.. pelajari pola kerja badannya.

 

kalau makan saat lapar.. dia akan makan sebanyak yang badannya perlu.

seperti waktu belum kenal makanan.. kan dia ngASI sampe kenyang. padahal ya ga variatif. cuma asi.

GTM itu hasil karya ortu

anak udah punya pola lapar sejak badannya bisa lapar.

  Tanggapan Syahri/Fitri

Pola kerja badanny mksdnya bagaimana om?

 

Aprilianto

badan kan berisi organ.

organ itu kan hidup.

hidup berrati beraktivitas.

beraktivitas berarati butuh bekal.

 

karena isinya macem-macem.. organ-organ di dlm badan kan jd jaringan. saling berkait.

makan.. syaratnya

1. lapar

2. kuat tahan napas

3. kuat ngunyah

4. kuat nelen

5. kerja organ cerna optimal

 

Syahri/fitri

Jika dr 5 ini 1 g berjalan dgn baik g akan jalan ya?

 

Aprilianto

minimal prosesnya akn kganggu.

Makan saat tidak lapar.. “ogah”.

makan tanpa kekuatan tahan napas.. jadi males ngunyah karena ngunyah = ga enak.

makan tanpa kekuatan ngunyah.. bisa membebani organ cerna kalau yang ditelen ga cukup lembut. nelennya juga bisa sulit atau malah sakit.

makan pas sakit sehingg ga bisa nelen.. kan jadi males makan.

12 Penanya Niken Paramita
  Pertanyaan #tanyagtm

melatih kepekaan terhadap jam lapar anak itu ada cara-cara kah omm? Ada nggak sih om umumnya dalam usia brp anak sudah mengerti pola makannya?

  Jawaban anak uda pny pola lapar sejak badannya bisa lapar.

cara kenalinnya.. bergaul lahbat.

karena orangtua akhirnya bikin anak memaknai makan sebagai ga enak

  Tanggapan  

Kesimpulan

Pola makan anak sudah ada sejak dia mulai ASI. Syaratnya makan adalah lapar supaya dia merasa makan untuk kenyang seperti ASI. Pelajari kapan dia lapar. Pola jam makan berasal dari pola jam lapar. Pelajari juga pola metaabolisme karena ada yang makan banyak tapi jarang dan ada yang sebaliknya sedikit dan sering. Buat anak memaknai makan sebagai kebutuhan bukan keinginan orang tua.3 kunci penting:

Enak di lidah

Sehat di tubuh

Di jam lapar

Makan.. syaratnya

  1. lapar
  2. kuat tahan nafas
  3. kuat ngunyah
  4. kuat nelen
  5. kerja organ cerna optimal

Buat anak memaknai makan sebagai kebutuhan bukan keinginan orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *