Depresi Yang Harus Dikenali

https://www.freepik.com/

Social media bullying belakangan ini kerap menjadi berita populer di berbagai kalangan. Masih teringat jelas kematian artis Kpop, Sulli, yang tragis dengan cara bunuh diri yang diduga dikarenakan depresi akan pembulian melalui sosial media, yang dia alami selama 4 tahun terakhir. Diketahui pula Sulli mengidap panic disorder dan social phobia yaitu salah satu gangguan kesehatan mental. Penderita panic disorder sering merasakan kecemasan berlebihan dengan tiba-tiba dan berulang kali tanpa alasan yang jelas. Ciri-ciri fisik panic disorder ini sering dianggap gejala serangan jantung seperti keringat berlebih, nyeri dada, sakit kepala, detak jantung tidak teratur dan nafas yang memburu (sumber : hellosehat.com)

Ayah dan Ibu, pernahkah mendengar tentang “gangguan kesehatan mental”? Tahukah Ayah dan Ibu bahwa gangguan kesehatan mental bisa dialami oleh orang yang “terlihat” baik-baik saja? Dalam dunia Ayah dan Ibu, pernahkah Ayah dan Ibu mengalami rasa frustrasi, sedih yang berlebih atau bahkan perasaan ingin melukai (baik diri sendiri, anak atau orang lain) bahkan sampai bunuh diri selama menjalani proses pengasuhan anak?

Sekitar 80% Ibu dengan kelahiran anak pertama mengalami baby blues, dan 10% mengalami postpartum depression yang tergolong gangguan kesehatan mental yang dapat mengancam jiwa Ibu (sumber: www.alodokter.com). Babyblues adalah gangguan kesehatan mental pada Ibu baru melahirkan sampai dengan sekitar 2 minggu setelahnya berupa perasaan khawatir dan kebingungan. Akankah mampu menjadi ibu yang bertanggung jawab? Ini terjadi karena perubahan drastis setelah melahirkan yang sering diabaikan oleh para ibu seperti:

  • Gelisah
  • Sulit tidur
  • Tidak nafsu makan
  • Perasaan yang berubah-ubah tanpa alasan

Sedangkan postpartum depression adalah segala gejala babyblues yang berkelanjutan, yaitu melebihi dari 2 minggu pasca melahirkan. Postpartum depression dapat menyebabkan seorang ibu merasa tidak memiliki ikatan dengan bayinya, bahkan ibu dapat mengalami halusi yang membahayakan baik bagi diri sendiri, bayi atau orang sekitarnya.

Apakah seorang Ayah juga bisa mengalami gangguan kesehatan mental pasca istri melahirkan? Sebuah studi yang diterbitkan Journal Pediatric bahwa seorang Ayah dapat mengalami postpartum depression bukan karena hormon tetapi karena kekhawatiran akan perubahan tanggung jawab yang diemban seperti khawatir akan keuangan dan peran baru sebagai ayah.

Bagaimana cara menangani babyblues dan postpartum depression ini? Selain kesadaran diri tentunya dukungan orang sekitar sangatlah membantu untuk kesembuhan penderita baby blues dan postpartum depression. Bagaimana jika kita merasa tidak mendapatkan dukungan dari orang sekitar? Baik dari masing-masing pasangan, orang tua atau mertua, bahkan lingkungan sekitar? Alih-alih beradu argumen yang dapat menguras tenaga dan pikiran kita, kita dapat mencari pertolongan pada orang yang kita anggap ucapannya akan didengar oleh orang-orang tersebut, contohnya ahli kesehatan seperti bidan. Saat ini, sudah banyak bidan atau ahli kesehatan yang menyediakan jasa perawatan ibu dan bayi yang baru menjalani persalinan, selain merawat secara fisik, mereka juga memberikan beberapa panduan dalam merawat bayi baru lahir, tentunya dengan keahlian yang sudah ter-sertifikasi, akan lebih mudah memberikan masukan pada orang-orang sekitar kita. Kemudian pada kondisi postpartum depression, konsultasi pada ahli, baik itu psikolog atau psikiater akan berperan penting untuk kesembuhan penderita. Bahkan pemerintah sekarang sudah menyediakan layanan konsultasi kesehatan jiwa di beberapa puskesmas untuk memudahkan masyarakat.

Ayah dan Ibu setelah tahu bahwa gangguan kesehatan mental juga bisa dialami oleh kita sebagai orang tua, mulai sekarang mari menjadi orang bijak yang tidak memandang sepele setiap kondisi yang dialami orang lain. Dengan merubah pola pikir kita terlebih dahulu, kita bisa jadi salah satu penyelamat resiko kematian karena depresi oleh lingkungan. Depresi tidak harus dihindari, tapi harus kita kenali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*